Tips memperbaiki ban mobil rusak habis sebelah

Bila kita sedang berkendara mobil dan ketika di perjalanan merasakan mobil sedikit berbelok itu menandakan adanya kerusakan ban mobil biasanya kerusakan terjadi pada ban mobil pada bagian depan yang terkikis atau termakan sebelah penyebab ban mobil termakan sebelah berasal dari  beberapa komponen seperti kaki mobil yang sudah tidak bisa bekerja dengan sempurna (mengalami kerusakan) kerusakan ini terdapat pada Tierod, ball join dan komponen karet bos sayap.

Kurasakan ban bisa terjadi pada ban sebelah kiri maupun ban sebelah kanan tetapi hanya hanya ban bagian dalam saja yang terkikir dan ahkirnya tidak merata penyebab yang lain adalah setelan keselarasan ban yang tidak pas.kerusakan ini bisa terjadi pada jenis mobil baru maupun mobil keluaran lama.
Tips memperbaiki ban mobil rusak habis sebelah

Banyak pengguna mobil (pengendara mobil yang mengalami masalah ini) dan biasanya mereka mengakalinya dengan menukar atau membalik bagian dalam ke bagian luar,Untuk memperbaiki ban mobil yang habis tidak rata anda harus mencari dulu apa yang rusak atau aus pada komponen kaki-kaki mobil anda. caranya anda dongkrak mobil anda. posisi mendongkrak jangan dari sayap tapi dari chasis. sampai ban menggantung. kemudian goyangkan ban kanan kiri dan atas bawah. jika ada yang oblak segera periksa. apa yang oblak. bagian yang oblak pada Kaki mobil baik itu ball joint, Tie rod dan bos sayap bisa membuat keselarasan roda kanan dan kiri berubah.
  • Setelah anda periksa semua bagian yang oblak pada kaki-kaki mobil anda, kemudian dalam posisi ban tidak didongkrak, lihat posisi berdirinya ban. apoakah lurus atau miring. jika miring biasanya ball joint aus atau oblak namun jika anda sudah menggantinya kemungkinan dari sayap. untuk beberapa jenis mobil seperti kijang ada setelan di baut sayap yang bisa digeser.

  • Jika sudah tegak lurus, maka anda tinggal menyelaraskan kembali roda kanan dan kiri. istilah kerennya " Spooring " nah untuk melakukan pengerjaan yang satu ini tentu untuk mendapatkan hasil yang akurat anda harus membawanya ke bengkel khusus Spooring. namun jika anda jauh dari bengkel Spooring dan Balancing, jangan Khawatir saya masih punya tips kok cara spooring yang sederhana.

Sekilas tentang cara spooring sederhana ini adalah pada pengerjaanya hanya menggunakan kunci untuk mengendurkan mur pengunci batang terot dan untuk pengukuran bisa menggunakan meteran dan benag kasur yang biasa dipakai untuk bangunan. caranya mudah dan hasil yang didapat juga bisa memuaskan. namun tetap hasil yang lebih akurat tentunya menggunakan alat khusus seperti apada bengkel spooring yang sudah menggunakan mesin canggih sebaiknya bila kita merasa ada sesuatu yang tidak beres pada bagian ban mobil maka segeralah memeriksa kondisi ban mobil tersebut.
0 Komentar untuk "Tips memperbaiki ban mobil rusak habis sebelah"

 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Powered By. Blogger