Rangkaian Auto Charger Accu 12V sederhana

Cara membuat rangkaian rangkaian auto charger accu/aki  12v yg sudah saya buat kemarin, dengan biaya yg cukup murah dan hasil memuaskan kalau menurut saya sendiri.  Rangkaian ini saya buat dengan kurang dari Rp.20k (belum termasuk trafo dll hanya rangkaiannya saja :)). Komponen utama yg dalam rangkaian ini adalah Dioda Bridge dan SCR, dioda dan SCR yg digunakan bias disesuai dengan accu yg akan di chargerr.

Disini saya menggunakan Dioda Bridge 10A(Agar dioda tidak terlalu panas) dan SCR FIR3D + Trafo 3A karena saya gunakan Cuma untuk chargerr accu motor MF 12V 9A saja. Untuk Accu yang lebih besar maka  dibutuhkan Trafo serta dioda bridge yang sesuai yaitu 1/10 ampere accu. Misalnya accu mobil 100 A maka tranformator yang digunakan adalah 10 A dan  dioda yang dipakai minimal 10 A. Jangan banyak basa-basi nanti malah pada bosen..hehe . Ok lansung saja lihat skema rangkaian dibawah ini :D





Sebelumnya maaf kalau berantakan…maklum ngerjainnya jam 12 malam gara-gara gak bias tidur..hehe. eh malah curhat gini…Lanjut Lagi J
Uji coba rangkaian sebelum di solder di PCB:
Kondisi accu kosong/mengisi


Kondisi accu penuh/full

Catatan: warna led berkebalikan dari skema
Rangkaian pada PCB
                Tampak Atas


Tampak Bawah

Chargerr accu ini bisa digunakan untuk accu jenis apa saja. Rangkaian ini otomatis, mampu mengisi accu dengan arus 4 A hingga voltase accu mencapai titik tertentu. Pada titik ini arus pengisian menjadi sangat kecil. Jika voltase accu berkurang lagi, rangkaian akan kembali mengisi accu hingga mencapai titik voltase tadi. Jadi, rangkaian bisa tetap disambungkan ke accu agar accu selalu dalam kondisi penuh tanpa harus takut merusak accu. Sebuah LED Hijau akan menyala untuk menandakan bahwa accu sudah penuh.
Catatan:
  1. Tr1 harus diatur untuk menentukan batas voltase yang diinginkan. Accu basah biasanya di-charger dengan voltase 13,8 V, sedangkan accu kering dan semi kering 14,5 - 14,9 V. Cara mengesetnya, putar potensio\timpot Tr1 hingga berada di posisi tengah, hidupkan chargerr, pasang accu yang akan di-charger. Amati proses pengisian dengan voltmeter hingga voltase accu mencapai voltase yang diinginkan. Kemudian putar potensio R2 hingga LED menyala. Chargerr sudah siap digunakan sekarang. Untuk men-charger berbagai macam tipe accu, lakukan hal yang sama untuk tiap accu dan tandai posisi potensiometer Tr1untuk tiap tipe accu.
  2. Q1 dan diode bridge harus diberi heatsink. Jika rangkaian dikemas dalam casing, maka diperlukan fan kecil yang bisa dicatu dari keluaran Dioda Bridge dan harus ditambah regulator supaya fan tidak rusak.
  3. T1 adalah transformator dengan voltase primer sesuai dengan voltase lingkungan kerja Anda, dan sekundernya sekitar 12V. Dengan voltase yang lebih tinggi (16 - 18V), Anda bisa men-charger accu dengan voltase 16V.
  4. Jika rangkaian dimatikan, accu harus dilepas dari rangkaian, jika tidak maka rangkaian akan menguras accu pelan-pelan.
  5. Kita juga bias  memperkirakan waktu/lamanya accu yg kita charger penuh.
    pakai rumus ini (Lama Waktu Charger= Arus Accu : Arus Charger) Misal saya charger accu 9A dengan Charger 3A, Lama Waktu Charger=9:3= 3 Jam. rangkaian ini sudah di tes dan bisa berfungsi dengan baik.

0 Komentar untuk "Rangkaian Auto Charger Accu 12V sederhana"

 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Powered By. Blogger