Cara menghilangkan suara gemuruh pada gardan mobil

Gardan mobil merupakan komponen kedua setelah mesin cara kerja gardan adalah sebagai penerus penggerak dari mesin bila mobil kita bersuara gemuruh berisik pada bagian bawah mobil maka bisa di pastikan bagian gardanya yang rusak, kerusakan kerusakan yang terdapat pada gardan diantaranya gigi gardan menjadi aus menyebabkan gigi rontok, suara yang berdengung bila di gunakan untuk melaju dengan kecepatan tinggi.

Untuk menghilangkan suara gemuruh pada komponen gardan maka tahap yang pertama adalah melakukan penggantian gardan itu sendiri kita bisa membeli sparepart gardan di bengkel yang menangani kerusakan semua jenis mobil.

Cara menghilangkan suara gemuruh pada gardan mobil
Beberapa penyebab gardan mobil menjadi rusak adalah pemilik mobil jarang mengganti oli gardan. oli gardan biasanya direkomendasikan setiap 10.000 Km bersamaan dengan penggantian oli persneling atau transmisi. dengan oli SAE 140 ( atau sesuai rekomendasi pabrik ).  bukan cuma karena tidak memperhatikan oli, gardan juga bisa cepat rusak karena sering memaksa kendaraan ketika ban selip. dan tidak mengoper gigi saat berkendara padahal mesin sudah minta turun gigi.

Kembali ke cara menghilangkan suara gardan berdengung dan gemuruh, penyebab gardan berdengung dan bergemuruh bisa diakibatkan oleh gigi gardan rusak atau rempel, laher atau bearing rusak atau juga jarak bebas antara gigi Pinion dan Crown Whel harus di seting ulang yang bisa menyebabkan gardan mendengung. untuk memperbaikinya tentunya gardan harus dibongkar dan diperiksa kemudian diganti yang rusak dan disetel kembali. namun jika anda hanya ingin menghilangkan suara gemuruh atau dengungnya saja karena sibuk atau belum ada dana, bisa aja kok gak usah dibongkar. cukup lakukan tips berikut ini.
 
Untuk menghilangkan suara pada gardan, baik dengung dan suara gemuruh, anda bisa mengganti oli gardan dengan yang lebih kental. biasanya di toko oli dikenal dengan oli gardan kobok. bentuknya seperti gula kelapa yang meleleh. atau anda juga bisa coba menambahkan aditif oli gardan. alternatif lain bisa tambahkan stempet atau grease pada oli gardan. tujuannya untuk membuat oli gardan kental.

Cara diatas manjur untuk menghilangkan bunyi dengung, namun ingat anda harus segera melakukan perbaikan dalam waktu dekat. karena dengan adanya suara pada gardan itu mengindikasikan ada gejala tidak normal. mungkin dengan tipas diatas suara bisa hilang tapi itu bukan cara untuk memperbaiki. hanya untuk menghilangkan suaranya saja jika anda belum sempat membukanya. atau hal lain, misal gardan terlampau rusak dan anda nunggu sampai rusak total karena anda berniat menggantinya segojod. atau mobil mau anda jual, hehehehe....

Namun harus anda ingat juga, cara tersebut juga ada efek negatifnya. karena jika dibiarkan lama maka kerusakan gardan bisa lebih parah. suara mungkin hilang atau berkurang namun permasalahan di dalam komponennya itu sendiri belum teratasi. makanya cara terbaik untuk menghilangkan dengung gardan adalah dengan membuka dan menyetel ulang gardan mobil anda.
0 Komentar untuk "Cara menghilangkan suara gemuruh pada gardan mobil"

 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Powered By. Blogger