Tips cara memperbaiki tv mati total simple

Pada umumya permasalahan televisi yang paling simple adalah tv rusak dalam keadaan mati total matot untuk itu kita akan memberikan tips maupun cara yang bisa kita gunakan untuk memperbaiki tv yang ada di rumag mati total di mana masalah ini menurut saya mudah, ingat  postingan ini hanya untuk mereka yg belom berpengalaman memperbaiki tv mati total, ataupun mereka yg coba-coba memperbaikin tv sendiri sebelum memanggil tukang servis.

Mati total di identikkan dengan dengan tidak menyalahnya led power (lampu Power) yang biasa berwarna merah, dan jaman sekarang berwarna biru. juga tidak adanya suara-suara mendenging atau kletok-kletok dari dalam pesawat televisi, Jika ada suara mendenging kemungkinan ada komponen aktiv yang korslet sehingga menyumbat output trafo regulator , Mati total bisa juga di tandai dengan tidak adanya bunga api saat kita mencolok kabel AC tv ke stop contak. ini dalam artian Switch Power TV dalam keadaan ON.
Secara Blok Rangkaian, mati total di sebabkan rangkaian Regulator/Catu Daya/AC Matic tv tidak Bekerja.

Berikut alur komponen pada regulator Tv berwarna :


Kabel_AC - SwitchPower - FUSE4A - lilitanFilter - Resistorpembatas(biasa5watt,3R3ohm) -
DiodePenyearah - ElkoTapis(biasa400volt100uF) - IC/TRRegulator - TrafoRegulator = menghasilkan tegangan B+ (90v, 115v, 125v, 145v), tegangan Penguat Video (180v), tengan Sound Amplifier (18V), tegangan untuk ic program+croma(12v) dan tegangan Vertikal dan horizontal driver(24v).

Berikut Alurnya dengan GAmbar, mudahan lebih mudah di mengerti:

jalur regulator
 sering saya dapatkan, pemilik tv yang rusak mati total mengira kabel AC lisriknya yag putus, sehingga mereka inisiatif sendiri memotong dan mengganti kepala colokan kabel tv itu, namun hasilnya sama. Padahal, kabel itu gag bakalanputus kecuali di makan tikus, atau kejepit meja dan di tarik secara berlebihan.

Langkah pertama yang kita lakukan adalah membuka penutup/ chasing tv, jika sudah coba lihat Fuse/skring (bagi yang awam, bisa ikuti jalur kabel ac masuk ke papanmesin tv, biasa dekat-dekat situ) jika tidak putus, keungkinan Switch Power yang bermasalah, jika anda agak berani bisa menjumpernya memakai kawat atau kabel kecil. setelah itu tes nyalahkan tv,
NAh jika fuse putus ( biasa Fuse 4Amper model pendek) kemungkinan pada jalur selanjutnya ada yang short ( bisa diode penyearah, elco tegangan tinggi, atau Transistor/IC regulatornya)
Jika anda awam dan tidak punya alat ukur Multimeter/AVOmeter, coba saja ganti FUSEnya dengan amper yag sama yakni 4A atau di bawahnya yakni 3A, siapa tahu lagi mujur fuse putus karena kaget ada arus terlalu besar masuk, maka nyalah kembali tv anda, jika blom silahkan hubungi servis tv langganan anda.

Jika anda memiliki Alat ukur, setelah penggantian FUSE, ukur di titik elco tegangan tinggi (400v100uf) dengan skala 1Ohm, terukur 15ohm dan di tukar colokan menghasilkan lebih dari 1kiloohm, nah jika nilainya sama-sama 15ohm apa lagi sampai 1 Ohm berarti Fuse putus karena Korslet, coba bukan dari solderan TR/IC regulator, kemudian ukur kenbali di kaki elco tadi, jika hasil pengukuran sudah tidak sama lagi, berarti TR/IC rusak. gantilah dengan jenis yg sama dan yg asli.
 jika menggunakan TR biasanya di sertai Transistor kecil 2 buah, coba juga ukur, siapa tahu dia yg membuat TR output reg jadi Short.  Jangan lupa  ukur Resistor pembatas, yang nilainya 5watt 3-4 ohm itu biasa putus juga karena terlalu banyak beban.
0 Komentar untuk "Tips cara memperbaiki tv mati total simple"

 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Powered By. Blogger